Polres Gresik Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2015

0
545 views

BeritaGresik.com – Polres Gresik menggelar simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Kegiatan simulasi ini dilakukan di GOR Tridharma PT Petrokimia Gresik, Sabtu (22/8).

Dalam simulasi itu diperagakan bagaimana polisi menghalau massa yang bertindak anarkis karena merasa tidak puas dengan hasil penghitungan suara di Kantor KPU Gresik.

Anggota Polwan menghadang massa yang terlihat mulai bergerak menuju kantor KPU. Setelah terjadi negoisasi, massa tetap tidak puas, dan tetap bergerak. Karena itu, polisi mengerahkan petugas Dalmas dan kendaraan Water Canon untuk menghalau massa yang mulai beringas dan tidak terkendali.

Kapolres Gresik Gresik AKBP Ady Wibowo mengatakan, simulasi ini dilakukan dalam rangka persiapan pilkada serentak bersama intansi terkait untuk melakukan gladi lapangan. “Dalam simulasi juga diperagakan bagaimana penanganan pilkada mulai tahapan, pemungutan suara sampai pelantikan,” ujarnya.

Menurut AKBP Ady, simulasi pengamanan pilkada diperlukan agar setiap anggota yang bertugas mengerti dan tahu tahapan-tahapan pilkada sampai pelantikan, termasuk pengamanan.

“Kami tidak mau kecolongan dan tidak ingin dalam pelaksanaan Pilkada Gresik 2015 terjadi kericuhan. Untuk itu, tidak kurang 850 personel dari polres serta di-back up 2 SSK Brimob Polda, dan 500 personal Kodim 0817 Gresik serta instansi lain siap mengamankan perhelatan pilkada,” imbuhnya. [wan]