Pelaku Kekerasan Seksual Anak Akan Dikebiri

0
682 views
Ilustrasi tindak kekerasan seksual anak
Ilustrasi tindak kekerasan seksual anak

BeritaGresik.com – Pemerintah menyiapkan hukuman tambahan bagi para pelaku tindak kekerasan seksual pada anak. Pelaku nantinya akan dikebiri  atau disuntik dan ditambah hormon perempuannya.

Bahkan, dalam rapat terbatas yang lakukan Presiden Joko Widodo bersama beberapa kementerian, KPAI, dan Jaksa Agung, memutuskan akan menerbitkan Perppu tentang hukuman kekerasan seksual anak akan dikebiri.

Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, keputusan itu diambil lantaran tindak kekerasan seksual anak sudah masuk dalam kategori kejahatan luar biasa dan telah menyebabkan banyak jatuh korban.

“Tadi Bu Menkes sudah menjelaskan, bisa disuntik dan ditambah hormon perempuannya. Dengan begitu diharapkan kemauan seksualnya menjadi berkurang atau hilang,” kata Prasetyo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (20/10).

Menurut dia, hukuman seperti itu sudah mulai diterapkan di beberapa negara luar, termasuk di negara maju. “Kalau tidak ya, kita kuatir terjadi pelecehan seksual terhadap anak-anak kembali,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata Prasetyo, pemerintah masih mengkaji sebelum akhirnya menerbitkan Perppu. Hukuman tersebut merupakan hukuman tambahan dari hukuman pokok yang sudah ada.

“Ya sebetulnya, sampai incracht toh. Eksekusi dilakukan setelah incracht termasuk mengebirian itu. Paling tidak, sudah memberikan signal pada mereka jangan coba-coba melakukan kejahatan kepada anak-anak,” terangnya. [zr]