Jazilul Fawaid Ingatkan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

0
277 views

BeritaGresik.com – Empat pilar kebangsaan dinilai sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena itu, anggota Komisi V DPR RI, Jazilul Fawaid menekankan pentingnya menanamkan pemahaman kebangsaan yang tepat kepada masyarakat.

Penekanan itu disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR itu saat menggelar sosialisasi empat pilar pada masa reses di Kantor DPC PKB Gresik, Sabtu (20/6).

“Pemahaman tentang dasar dan asas-asas negara adalah sebuah keniscayaan yang harus senantiasa tertanam dalam jiwa kita,” kata Jazil.

Dia juga berharap kegiatan tersebut mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat memperkuat kesatuan dan kerukunan antar suku dan bangsa.

“Sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai suku, ras dan budaya, kita harus senantiasa menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa kita, jangan sampai negara kita terpecah belah atau diadu domba,” ucapnya.

Selain tentang kebangsaan, Jazil juga mengingatkan pentingnya pemahaman kegamaan yang toleran dan moderat. “Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, kita harus senantiasa menghormati perbedaan pendapat, perbedaan aliran dan perbedaan agama,” tuturnya.

Jazil menjelaskan, agama adalah salah satu komponen penting bagi setiap individu, tapi agama berpotensi disulut dan difitnah. Karena itu, setiap perbedaan harus disikapi dengan arif dan bijaksana.

Selanjutnya, Jazil mengajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa mecintai Tanah Air dengan menjaga kelestarian lingkungan, dengan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, mengolah kekayaan alam, serta menjaga ekosistem yang ada. [as]