Polres Gresik Perketat Peredaran Petasan Selama Ramadhan

0
387 views

BeritaGresik.com – Polres Gresik memperketat peredaran petasan di sejumlah pasar tradisional dan swalayan yang terdapat di wilayah Kabupaten Gresik. Langkah ini dilakukan polisi guna memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Polisi akan menertibkan peredaran petasan yang marak saat bulan Ramadhan. Hal itu, agar masyarakat yang menjalankan ibadah puasa terasa aman dan nyaman,” kata AKBP Ady Wibowo kepada BeritaGresik.com pada Jumat (19/6).

Dia menyebutkan, sebanyak 18 kepolisian sektor (Polsek) sudah diperintahkan siaga selama 24 jam untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di bulan suci Ramadan hingga setelah lebaran nanti.

“Kami meminta anggota untuk memberikan pengertian kepada masyarakat tentang bahaya petasan. Larangan membunyikan petasan itu berlaku tidak hanya pada saat menjelang Lebaran saja,” tegasnya.

Polres setempat juga melarang peredaran kembang api yang mengeluarkan bunyi ledakan seperti petasan, namun polisi akan merazia dengan cara lebih persuasif. Meski begitu, terhadap pembuat dan penjual petasan, Polisi akan bertindak tegas.

Menurut Kapolres, Polisi hanya mengizinkan penggunaan petasan berbentuk kembang api dalam ukuran kecil. Karena itu, dia meminta masyarakat tidak segan melapor jika mengetahui perdagangan petasan di lingkungannya.

“Kami hingga sekarang masih memberikan toleransi kepada pedagang petasan kembang api. Kami tahap mengimbau kepada pedagang. Jika dalam operasi ditemukan petasan yang membahayakan akan kami disita,” kata Kapolres. [wan]