Terdakwa Penggelapan Uang Koperasi Dituntut 3 Tahun Penjara

0
782 views
Tersangka penggelapan uang koperasi menjalani sidang tuntutan di PN Gresik. (Foto: BG/Wan)
Terdakwa penggelapan uang koperasi, Edy Siswoyo, menjalani sidang tuntutan di PN Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.Com – Karyawan Koperasi Simpan Pinjam, Edy Siswoyo (30), warga Dusun Bakalan Desa Katerungan, Sidoarjo, dituntut 3 tahun penjara oleh JPU Hadi Sucipto, Rabu (18/5/2016).

Dalam tuntutannya jaksa menilai bahwa terdakwa telah malakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan sesuai dengan pasal 374 KUHP. “Menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 3 tahun,” tegas Hadi.

Lebih lanjut diuraikan dalam tuntutan, terdakwa merupakan karyawan Koperasi simpan pinjam, ”Marga Jaya” beralamat di Jalan Raya Pasinan Gang Angrek Lemah Putih, Wringin Anom.

Terdakwa bertugas menarik uang angsuran dan mencari pelanggan dari koperasi. Namun, pada Juni 2013 sampai Januari 2016, uang ansuran dari 63 nasabah tidak di setorkan ke koperasi.

Tidak hanya itu, uang dari 12 nasabah yang mengajukan pinjaman juga tidak disetorkan. ”Akibat tindak pidana yang dilakukan terdakwa, pihak koperasi mengalami kerugian hingga Rp 70 juta,” terang Hadi.

Sidang dengan Majelis Hakim yang diketuai I Putu Gede Astawa akhirnya ditunda minggu depan dengan agenda pembacaan pledoi dari terdakwa.

“Kami memberikan waktu satu minggu kepada terdakwa untuk membuat pledoi,” ujar Putu. (wan)