Dinas Perhubungan Gresik Akan Gelar Razia Dump Truck

0
473 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik, bakal menggelar razia terhadap dump truck saat pemberlakuan pembatasan jam operasional truk yang mengangkut galian C dan batubara yang melintas di Jalan Pantura Daendels Gresik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengatakan, sesuai dengan kesepakatan rapat Kamis (16/4) kemarin. Dump truk galian C dan batubara dilarang beroperasi pada pukul 05.00-08.00 WIB, dan 15.00- 18.00 WIB. Keputusan itu dari bupati ini berlaku efektif mulai 20 April 2015.

“Terkait dengan pembatasan jam operasional itu. Kami segera mengirimkan surat edaran ke pemilik dump truk C maupun batubara,” ujarnya saat dikonfirmasi beritajatim.com, Sabtu (18/4/2015).

Dijelaskan Andhy, alasan dilakukannya razia. Untuk merespon kesepakatan bersama akibat dampak operasional dump truk galian C maupun batubara yang meresahkan masyarakat. Entah itu biang menimbulkan kemacetan, jalan rusak, dan polusi udara.

“Operasi gabungan dilakukan agar mereka pemilik dump truk mematuhi kesepakatan bersama bukan sebaliknya malah melanggar,” ungkapnya.

Sementara itu, secara terpisah Kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono menuturkan, terkait dengan pembatasan operasional dump truk. Pada prinsipnya pemkab melihat dulu di lapangan. Jika ada evaluasi akan segera dilakukan perbaikan.

“Pemkab bukan serta merta menghalangi operasional dump truk galian C maupun batubara. Tapi, dilihat dari sisi keselamatan di jalan raya. Khususnya, bagi pengguna kendaraan roda maupun empat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dump truk galian dan batubara yang melintas di Jalan Raya Pantura Daendels Gresik. Siap-siap ditindak jika melanggar bukan pada jam operasional sesuai kesepakatan.

Dump truk galian C dan batubara dilarang beroperasi pada saat keberangkatan anak sekolah dan aktivitas karyawan serta jam pulang kerja. []