Eksekusi 9 Rumah di Jalan Veteran Tanpa Perlawanan

0
7,073 views
9 dari 13 rumah di Jalan Veteran Gresik diejsekusi PN Gresik. (Foto: BG/Wan)
Sebanyak 9 dari 13 rumah di Jalan Veteran Gresik dieksekusi PN Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com –¬†Sebanyak 9 rumah di Jalan Veteran Gresik dieksekusi oleh juru sita Pengadilan Negeri (PN) Gresik tanpa ada perlawanan. Dari total 13 rumah, baru 9 rumah yang dieksekusi.

Juru sita PN Gresik melakukan eksekusi terhadap sejumlah rumah tersebut dengan nomor perkara 40/Pdt.G/2013/PN.Gresik Jo 3176/K/Pdt/2014/PTN.Surabaya.

Dari 9 rumah dengan total luas lahan 6.645 meter persegi milik pemohon ahli waris Sufiyatun, yang diwakili kuasa hukumnya, Dading H, SH tetap meminta agar bangunan rumah dikosongkan.

“Kami hanya melaksanakan putusan Pengadilan Negeri (PN) Gresik,” katanya saat berlangsung eksekusi, Kamis (17/11/2016).

Eksekusi ini berawal saat Sufiyatun, selaku pemilik tanah mewariskan ke Minadi. Selanjutnya, Minadi mewariskan ke anak angkat Sufiyatun yang bernama Riyatin tanpa ada surat adopsi.

Kemudian, Riyatin menjualnya ke warga pada tahun 1992. Ahli waris Sufiyatun yang asli, akhirnya menggugat ke warga. Sebab, Riyatin tidak berhak menjualnya.

Proses eksekusi 9 rumah ini menyita perhatian warga setempat. Ratusan personel dari Polres Gresik dikerahkan untuk mengamankan jalannya eksekusi.

Selain polisi, puluhan anggota TNI maupun Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik juga dikerahkan. Termasuk diantaranya anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja Gresik.

Sementara itu, Sholehuddin, SH, kuasa hukum dari Nanik Zulaikha, istri Sukarno mengaku keberatan dengan eksekusi tersebut. Ia mengaku sudah mengajukan penangguhan ke PN Gresik.

“Kami sudah mengajukan penangguhan dan mendapatkan nomor penangguhan dari Pengadilan Negeri Gresik. Sebab, sertifikat pemilik rumah Sukarno, luas 85 meter persegi masih asli,” ucapnya.

Bangunan rumah dirobohkan dengan menggunakan alat berat. Sementara barang-barang di dalam rumah terlebih dulu dikeluarkan oleh petugas. (wan)