HUT RI ke-72, Empat Napi Rutan Cerme Dapat Remisi Bebas

0
37 views
Ilustrasi tahanan

BeritaGresik.com –┬áHari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia 2017 tak hanya disambut suka cita oleh warga diberbagai pelosok negeri, tapi juga oleh para narapidana (napi) yang ada di rumah tahanan (Rutan) Cerme, Gresik.

Dari 401 napi atau warga binaan yang saat ini menjalani penahanan di Rutan Cerme, Gresik, sebanyak 199 orang mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan tepat pada hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus besok.

Kasi Pelayana Tahanan Rutan Cerme Anis Handoyo mengatakan, ada dua macam remisi yang di berikan ke warga binaan. Pertama, pengurangan masa tahanan tapi mereka belum masih menjalani hukuman karena masa tahananya masih lama.

“Sedangkan yang kedua, mereka mendapatkan remisi dan bisa langsung bebas keluar dari penjara,” kata Aris di Rutan Cerme, Gresik, Rabu (16/8/2017).

Tahun ini ada empat tanahan yang akan mendapatkan remisi dan langsung bisa keluar dari penjara. Antara lain Dwi Agus Kurnia Putra asal Gresik, yang tersangkut masalah narkoba. Lalu, Yuda Anjar Wicaksono karena masalah kriminal.

Sehari menjelang bebas dari rumah tahanan, keduanya sibuk melengkapi persyaratan administrasi untuk kelengakapan keluar dari penjara seusai mendapatlan remisi yang akan di berikan usai upacara HUT RI di dalam lapas.

Aris menambahkan, remisi diberikan kepada mereka karena selama menjalani masa hukuman mengikuti tata tertib di rutan, serta tidak pernah melakukan pelanggaran. (amn)