Polres Gresik Ungkap Peredaran Ribuan Materai Palsu

0
377 views
Jajaran Reskrim Polres Gresik saat menunjukkan tersangka beserta barang bukti materai palsu di Kantor Polres Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jajaran Reskrim Polres Gresik berhasil mengungkap peredaran ribuan materai palsu. Satu tersangka berhasil dibekuk aparat kepolisian dengan barang bukti sebanyak 5.000 biji Materai 6.000 yang sudah dibersihkan dan siap jual.

“Berdasarkan info dari masyarakat tentang adanya penjualan, penyelidikan dan dilanjutkan penangkapan pada tanggal 12 Januari 2017,” terang Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Heru Dwi Purnomo di Polres Gresik, Senin (16/1/2017).

Penggerebekan waktu itu dilakukan dalam gudang penampungan barang bekas di Jalan Raya Petiken, Driyorejo, Gresik. Polisi menangkap seorang tersangka berinisial S. Di tempat itu, polisi juga menemukan 5.000 keping materai palsu nominal 6.000.

“Modusnya itu, pelaku memproses daur ulang materai yang sudah dipergunakan kemudian dibersihkan, setelah itu dijual lagi kepada orang lain dengan maksud dan tujuan untuk memperoleh keuntungan,” ungkapnya.

AKP Heru menjelaskan, tersangka menjual materai palsu di bawah harga resmi agar masyarakat tertarik. Barang tersebut diambil dari agen sehingga harganya lebih murah. “Perederannya masih di sekitar Surabaya-Malang,” terangnya.

Pengembangan kasus ini, kata Heru, masih akan terus dilakukan guna mencegah kerugian yang lebih jauh. Pihaknya tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini. “Kami masih mendalami. Produsen kita dalami. Sehingga kita dapatkan tersangka lain,” ucapnya.

Polisi menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah membeli dan percaya kepada orang yang menjual materai dengan harga murah. Perbedaanya dengan materai asli dapat dilihat dari dari bahan kertas yang kasar maupun warnanya.

Atas perbuatannya tersangka S diancam dengan pasal 257 KUHPidana jo pasal 253 KUHPidana dan pasal 13 UU RI No 13 tahun 1985 tentang Bea Materai. (wan)