Kejari Kantongi Barang Bukti Kasus Retribusi Smelting

0
1,109 views
Tersangka kasus retribusi Smelting mantan Sekda Gresik Husnul Khuluq bersama dua mantan petinggi PT Smelting ditahan Kejari Gresik. (Foto: BG/Amn)
Tersangka kasus retribusi Smelting mantan Sekda Gresik Husnul Khuluq bersama dua mantan petinggi PT Smelting ditahan Kejari Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Penyidik Kejaksaan Negeri Gresik mengaku mengantongi barang bukti berupa rekening dan uang sekitar Rp 1,5 miliar dalam kasus retribusi Smelting yang melibatkan mantan Sekda Gresik Husnul Khuluq.

Selain Khuluq, dua petinggi PT Smelting yakni Syaiful Bachri dan Dukut Imam Widodo juga diduga terlibat dalam kasus ini. Kejari menduga ada penyimpangan dalam penggunaan dana retribusi sewa perairan laut Kabupaten Gresik.

“Untuk saat ini, barang bukti yang sudah masuk ke dalam rekening Kejaksaan Negeri Gresik dari perkara ini ada sekitar Rp 1,5 miliar,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik I Made Suwarjana, Selasa (15/11/2016).

PT Smelting menyetor uang kepada Pemkab Gresik sebesar Rp 1.376.873.600 dan Rp 2.060.160 ke rekening Khuluq. Ia mencairkan lagi cek senilai Rp 1.376.873.600 untuk pejabat PT Smelting.

Kejari Gresik menjerat ketiga tersangka dan telah melimpahkan berkas kasus tersebut ke Pengadilan Negeri Gresik. Saat ini para tersangka ditahan di rumah tahanan (rutan) Kelas II B Gresik sebelum menjalani proses pengadilan.

Suwarjana menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus itu. Kejari akan melihat perkembangan kasus ini dalam sidang di Pengadilan Negeri Gresik. (wan)