Hati-hati Penipuan Facebook Modus Minta Pulsa

0
708 views

BeritaGresik.com – Pengguna jejaring sosial harus lebih cerdas dan hati-hati dalam merespon chatting yang datang ke akun pribadinya. Sebab, baru -baru ini sejumlah pengguna facebook di Bawean kerap menjadi korban penipuan.

Modusnya, pelaku kejahatan biasanya berupaya membobol akun facebook, setelah itu mereka meminta diiisikan pulsa melalui pesan pribadi ke sejumlah pertemanan. Tentu saja korban tidak menyadari bahwa akun tersebut telah dibobol seseorang.

Kejadian itu salah satunya dialami Nizam, warga Desa Sukaoneng Kecamatan Tambak Bawean. Dia mengaku terkejut ketika ada yang memberi informasi bahwa dirinya telah meminta pulsa, setelah akun FB miliknya mau dibuka sudah berganti pasword dan meminta konfirmasi lewat email.

Nizam kaget manakala melihat sejumlah pesan pribadi yang meminta pulsa melalui akun facebook miliknya. “Satu persatu saya telpon, saya jelaskan bahwa yang meminta pulsa itu bukan saya,” kata Nizam Selasa, (15/09).

Dia menjelaskan, bahwa ada banyak pesan pribadi ke sejumlah teman dan keluarganya. Pesan itu meminta diisikan pulsa sebesar Rp100 ribu ke nomor 0852 4008 8588 dan nomor 0822 9301 684.

Selain itu, kata Nizam, korban penipuan ini juga dialami sejumlah keluarganya yang ada di Malaysia. “Keluarga di Malaysia juga banyak yang ngirim pulsa pada nomor itu, mereka mengira kalau yang minta pulsa itu saya”, ungkapnya.

Korban penipuan, Jalil (30) warga Dusun Paginda desa Sukaoneng Kecamatan Tambak mengaku tidak curiga karena dirinya sangat mengenal Nizam dengan baik.

“Sama sekali saya tidak curiga, ya saya isi saja pulsanya sesuai permintaan, justru saya tahu kalau akun itu dibobol setelah Nizam sendiri yang datang dan menjelaskan kepada saya” pungkasnya. [abr]