Polres Gresik Lepas Puluhan Buruh dengan Catatan

0
1,089 views
Ratusan buruh unjuk rasa di Kantor Polres Gresik, menuntut puluhan rekannya dibebaskan. (Foto: BG/Wan)
Ratusan buruh unjuk rasa di Kantor Polres Gresik, menuntut puluhan rekannya dibebaskan. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Polisi akhirnya melepas puluhan pekerja di PT Sekawan Intiplast, Desa Bambe, Driyorejo, yang sempat diperiksa di Mapolres Gresik. Mereka dipulangkan pada Selasa (14/6/2016) sekitar pukul 16.00 WIB.

Pemulangan puluhan pekerja di PT Sekawan itu setelah diminta keterangan terkait aksi mogok dan dugaan berupaya menghalang-halangi pekerja lain masuk kerja di bekas perusahaannya tersebut.

Usai dilakukan pertemuan dengan perwakilan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan memastikan bakal memulangkan sekitar 40 buruh yang sudah dipetiksa di Mapolres Gresik.

“Kita sudah periksa dan pemeriksaan itu sudah kita lakukan. Kami pastikan bahwa mereka bisa pulang. Mereka adalah warga yang harus kami ayomi. Mereka warga gresik,” kata AKBP Adex.

Namun demikian, polisi mengaku tidak segan untuk melanjutkan proses hukum yang berlaku jika para pekerja yang ditahan melakukan tindakan serupa.

“Kami biarkan mereka kembali ke rumah masing-masing dengan satu catatan bahwa apa yang telah mereka lakukan itu melanggar UU. Disaat mereka melakukan lagi, itu berkas sudah ada. Kami tinggal proses kembali,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua LBH FSPMI Agus Suryanto mengaku sudah bertemu dengan Kapolres Gresik. Menurut dia, tindakan yang dilakukan oleh puluhan rekannya itu sebagai bentuk pembelaan atas haknya di petusahaan tempat bekerja.

“Alhamdulillah kami bertemu dengan Pak Kapolres Gresik ini sangat bijaksana, sehingga apapun yang dilakukan teman-teman, itu bagian dari pembelaan,” jelas Agus.

Seperti diketahui, sekitar 40 pekerja PT Sekawan Intiplast diperiksa di Mapolres Gresik terkait unjuk rasa mogok kerja di halaman pabrik. Unjuk rasa berlangsung tiga pekan karena ratusan pekerja dirumahkan tanpa batas waktu. (wan)