Beraksi di Konser Musik, 4 Kawanan Copet Diringkus Polres Gresik

0
100 views
Komplotan pencopet yang beraksi saat acara konser musik di Gresik diringkus polisi. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Para penonton acara konser musik yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional dalam rangka memperingati HUT Pemkab Gresik dan Hati Jadi Kota Gresik, tidak luput dari target aksi pencurian komplotan pencopet.

Satreskrim Polres Gresik yang melakukan pengamanan lokasi berhasil menangkap empat kawanan pencopet dan beberapa barang bukti hasil kejahatan yang dilakukan pada saat acara musik digelar di depan Kantor Pemerintah Kabipaten Gresik.

Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Adam Purbantoro menjelaskan, pada Sabtu pagi (11/3/2017), ketika acara konser musik Inbox pihaknya mengamankan tersangka berinisial “MM” (22) Warga Wonokusumo Bakti, Wono Kusumo, Semampir, Surabaya.

Kemudian, ada L (39), warga Kedung Mangu Selatan, Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya,  I (27), warga Kedung Mangu Selatan, Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya, serta MA (49), warga Kedung Mangu Selatan, Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya.

Menurut AKP Adam, penangkapan dilakukan berawal dari adanya laporan seorang penonton yang kehilangan telepon genggam miliknya. Lalu anggota Reskrim yang saat itu sedang bertugas melakukan penggeledahan terhadap seorang penonton yang dicurigai sebagai copet.

Pada saat melakukan penggeledahan pada badan tersangka MM ditemukan sebuah HP Samsung J1 milik salah seorang penonton. MM mengaku tidak sendiri dalam menjalankan aksinya, tapi bersama L yang bertugas sebagai pengalih perhatian.

Disaat bersamaan ditangkap pula seorang yang mencurigakan berinisial I yang juga mencopet HP di lokasi konser. “Tersangka I kemudian mengaku bersama temannya berinisial MA, dan langsung kita tangkap,” kata AKP Adam, Selasa (14/3/2017).

Dari penangkapan keempat tersangka copet spesialis konser musik ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua smartphone Samsung dan dua unit motor yang digunakan keempat pelaku menuju lokasi konser musik.

“Keempat tersangka terancam pasal 363 ayat (1) ke 4 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara” pungkas AKP Adam Purwantoro. (wan)