Narkoba di Bawean Seperti Puncak Gunung Es

0
988 views

BeritaGresik.com – Seperti puncak gunung es, kecil terlihat namun di bawahnya menyimpan hamparan es yang luas. Begitulah fenomena maraknya peredaran narkoba jenis sabu di Pulau Bawean.

Beberapa kasus tertangkapnya pengguna sabu yang sempat diketahui oleh publik ditengarai hanyalah puncak gunung es dari bahaya narkoba yang mengancam Pulau Bawean saat ini.

“Ini seperti puncak gunung es. Jadi yang kelihatan saja yang ditangkap itu, sebetulnya ke bawahnya mungkin saja masih banyak,” kata Ketua STAIHA, Baharuddin, SH, MM. di Bawean, Selasa (13/10).

Itu dikemukakan Baharuddin menyusul ditangkapnya tiga pengguna narkoba jenis sabu di Desa Daun. Ketiga pemakai yang ditangkap Jajaran Polsek Tambak itu di antaranya FR (45), HS (35) dan MF (30).

Menurut dia, tidak sulit memberantas peredaran narkoba di Pulau Bawean jika seluruh elemen masyarakat bersatu memeranginya. Apalagi secara geografis Bawean masuk dalam kategori daerah kecil.

Selain itu, Baharuddin juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengawasi atau mengontrol pergaulan anaknya. “Tanpa itu saya kira sulit. Perlu juga kerja sama semua masyarakat,” ucapnya. [abr]