Telat Sehari Perpanjang SIM, Pemilik Harus Buat Baru

0
1,163 views
Kantor Satlantas Polres Gresik
Kantor Satlantas Polres Gresik

BeritaGresik.com – Bagi pemilik Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang akan habis masa berlakunya, hendaknya segera diurus sebelum jatuh tempo. Pasalnya, jika terlambat, meski hanya satu hari, pemilik SIM harus membuat baru lagi.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari kepolisian, namun dari keterangan salah satu pemohon perpanjangan SIM di Gresik, Budi Dira (36), bahwa ketentuan itu sudah diumumkan melalui pengeras suara di Kantor Satlantas.

Isi pengumuman itu menurut pengakuan Dira, bahwa pengurusan perpanjangan SIM dianjurkan seminggu sebelum masa berlakunya habis. Sebab, jika pemilik SIM terlambat satu hari saja, maka harus memulai proses awal seperti buat baru.

“Itu kata pegawai Satlantas Gresik, usahakan jangan telat meskipun cuma sehari dan kalau telat harus tes lagi,” kata Dira kepada wartawan di Gtesik, Rabu (11/5/2016).

Hal senada diungkapkan Erwina Wahyu (23) yang akan mengurus perpanjangan SIM. Dia mengaku juga mendengar juga pengumuman tersebut melalui pengeras suara di Kantor Satlantas Gresik.

“Ini benar-benar peraturan baru, soalnya hari ini saya baru selesai ngurus perpanjangan SIM, dan tadi di Satlantas di umumkan lewat speaker tentang peraturan baru tsb,” kata Erwina.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Anggi Saputra, menampik adanya himbauan lewat pengeras suara soal keterlambatan perpanjangan SIM. Dia menjelaskan, pemilik SIM diberi kelonggaran satu bulan mengurus perpanjangan SIM.

“Saya belum menerima laporan terkait hal ini. Namun untuk proses perpanjangan SIM masih kita toleransi dalam 1 bulan, dan seletah lewat sebulan, pemilik SIM harus membuat SIM ulang atau ikut tes dari awal,” terangnya.

Namun, Anggi tidak menampik terkait adanya peraturan tersebut berdasarkan Perkap Kapolri No 09/2012 pasal 28 ayat (3) tentang Perpanjangan SIM dan Surat telegram Kapolri nomor ST / 985 / IV / 2016 tanggal 20 April 2016 huruf BBB point 3, bahwa SIM yang telah lewat masa berlakunya walaupun 1 hari tidak dapat diperpanjang.

“SIM dapat diberlakukan kembali dengan melaksanakan proses penerbitan SIM baru sesuai dengan golongan SIM, dengan demikian misalkan SIM habis pada tanggal 09 mei 2016, maka tidak bisa diperpanjang pada tanggal 10 Mei 2016, harus kembali melalui proses penerbitan SIM seperti baru,” diinformasikan. (wan)