Hendak Transaksi, Pengedar Sabu Diringkus Polsek Driyorejo

0
788 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Satu lagi seorang pengedar narkoba jenis sabu-sabu berhasil diringkus anggota Polsek Driyorejo, Gresik. Pelaku diringkus saat hendak transaksi dengan pelanggannya didekat balai desa Driyorejo.

Pelaku berinisial HS (39) adalah warga Dusun Wonoboyo Rt 01/01 Desa Wonokalang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

Dari tangannya, petugas berhasil mengamankan barang bukti empat poket narkotika jenis sabu-sabu dengan berat masing masing 0,11 gram yang dikemas dalam plastik klip siap edar.

Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Suzuki EN nopol DK 5734 HN berserta STNK dan tiga buah hand phone (HP) merk Samsung dan Croos.

Barang bukti. (Foto: BG/Wan)
Barang bukti. (Foto: BG/Wan)

Penangkapan berawal dari laporan masyarakat pada saat anggota Kring Serse di Jalan raya Driyorejo, mendapatkan informasi dari warga jika di sebelah balai desa Driyorejo ada seseorang yang yidak dikenal.

“Mendapati laporan tersebut akhirnya petugas mendapati tersangka yang kelihatan gelisah menunggu. Karena gelagat yang mencurigakan tersebut lalu kita tanyakan dan di interogasi,” ujar Kapolsek Driyorejo Kompol Hendy Kurniawan.

Dari hasil pemeriksaan ternyata benar di dalam saku celanya kedapatan lipatan kertas kecil. Setelah di buka, ada bungkusan plastik kecil berisi sabu yang diakui sebagai pesanan seseorang.

Barang bukti hasil penggerebekan pengedar sabu di Desa Driyorejo. (Foto: BG/Wan)
Barang bukti hasil penggerebekan pengedar sabu di Desa Driyorejo. (Foto: BG/Wan)

“Awalnya tersangka menolak, setelah di interogasi terus mengakui bahwa mengirim barang pesanan seseorang,” ujar Kompol Hendy.

Saat di kembangkan, lanjut Hendy, asal Sabu tersebut dari tetangga desanya dengan inisial Am yang di belinya seharga Rp 800.000. Kemudian di pecah menjadi lima bagian, dan di jual seharga Rp 200.000. Mereka menyebutnya dengan istilah paket hemat.

Selanjutnya tersangka di keler ke tetangga desanya. Namun setelah di lakukan penggerebekan yang bersangkutan tidak ada di rumah serta tidak di temukan barang bukti.

“Selanjutnya kita lakukan penggeledahan di rumah tersangka, di dapat 3 poket narkotika jenis sabu yang di simpan di dalam bungkus rokok Sampoerna Mild. Dan di akui semuanya oleh tersangka  yang satu poket sudah habis dikonsumsi sendiri,” tambahnya.

Setelah itu, tersangka langsung digelandang ke mapolsek guna menjalani penyidikan lebih lanjut. “Kasusnya dikembangkan untuk ungkap pemasok maupun jaringan pengedar narkoba lainnya,” pungkas Kompol Hendy.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya tersangka terancam pasal 114 (1) sub pasal 112 ayat (1) UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (wan)