11 Jukir Liar Diamankan Dishub Gresik

0
2,586 views
Petugas Dishub dibantu petugas Polres dan Kodim ketika razia jukir liar. (Foto: Bngsa Online)
Petugas Dishub dibantu petugas Polres dan Kodim 0817 saat razia jukir liar. (Foto: Bangsa Online)

BeritaGresik.com – Dishub Kabupaten Gresik belakangan ini gencar merazia juru parkir (jukir) liar yang beroperasi di sejumlah titik di wilayah Gresik. Hasilnya, sebanyak 11 jukir liar diamankan petugas, Kamis (10/11/2016).

Razia yang melibatkan petugas Polres Gresik dan Kodim 0817 ini digelar di wilayah Gresik Kota dan Kebomas. Razia terhadap jukir liar itu sebelumnya juga digelar petugas gabungan di Kecamatan Manyar dan Kecamatan Gresik.

Kepala Dishub Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengungkapkan, razia jukir liar tersebut dilakukan karena banyak ditemukan jukir nakal yang menarik uang parkir di areal parkir tepi jalan umum tanpa mengantongi izin.

“Mereka menggunakan karcis parkir untuk pajak parkir yang dikeluarkan DPPKAD. “Seharusnya karcis retribusinya dikelurkan Dishub,” kata Andhy seperti dikutip Bangsa Online.

Menurut dia, maraknya jukir liar atau memungut uang parkir tanpa izin di wilayah Gresik membuat uang retribusi parkir di tepi jalan umum tidak jelas. “Ini yang tengah kami bereskan,” terangnya.

Dia mencontohkan keberadaan parkir di sejumlah rumah makan di Manyar, yang parkirnya hingga ke tepi jalan umum. Tapi, parkirnya tetap ditarik oleh jukir yang bertugas di rumah makan tersebut.

“Rata-rata parkir di tempat rumah makan itu bisa menghasilkan uang hingga Rp 300 ribu. Ini yang sedang kami lakukan penertiban,” pungkasnya. (zr)