Polsek Sangkapura Musnahkan Ratusan Botol Miras

0
1,124 views
Polsek Sangkapura Bawean musnahkan ratusan botol miras di Alun-alun Sangkapura Bawean, Sabtu (9/4/2016). (Foto: BG/Wan)
Polsek Sangkapura Bawean musnahkan ratusan botol miras di Alun-alun Sangkapura Bawean, Sabtu (9/4/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Polisi Sektor (Polsek) Kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik, memusnahkan barang bukti berupa ratusan botol minuman keras (miras) hasil operasi sepanjang 2015-2016 di alun-alun Sangkapura, Sabtu (9/4/2016).

Pemusnahan botol miras ini disaksikan sejumlah tokoh Bawean seperti ketua PCNU Bawean, ketua MUI Sangkapura, kepala instansi, muspika, pelajar, serta hampir keseluruhan kepala desa yang terdapat di kecamatan Sangkapura.

Barang bukti hasil pengungkapan kasus dan operasi ini terdiri atas 120 botol vodka, 35 menson, 20 bir hitam, 63 arak, serta 25 miras jenis lainnya. Proses pemusnahan miras dilakukan dengan cara digilas menggunakan alat berat.

Kapolsek Sangkapura AKP Arif Rasyidi menjelaskan, kegiatan pemusnahan yang dilakukan terbuka dengan melibatkan sejumlah pihak ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa peredaran miras di pulau Bawean sudah marak.

“Ini yang bernasib sial saja karena ketangkap, sedangkan jumlah yang tidak ketangkap mungkin ada 1000 kali dari ini,” terang Arif dalam sambutannya sebelum dilakukan pemusnahan miras.

Untuk itu, menurut AKP Arif dibutuhkan kerjasama yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberatas peredaran minuman keras di Pulau Bawean, utamanya di wilayah hukum Polsek Sangkapura.

“Mari seluruh komponen masyarakat Bawean, para tokoh dan kiai dan seluruhnya kita memberantas peredaran miras di Bawean khususnya di kecamatan Sangkapura,” ajak Kapolsek.

Dia juga mengingatkan bahwa miras merupakan sub bagian dari narkoba. Untuk itu, baik penjual dan pengguna miras dapat diancam dengan pidana denda dan kurungan mengacu pada Perda kabupaten Gresik nomor 19/2014 perubahan Perda nomor 15/2002. (abr)