Jazilul Fawaid Ajak Masyarakat Gresik Perkuat NKRI

0
386 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Maraknya gerakan Islam radikal yang berusaha merongrong ideologi Pancasila membuat sebagian anggota DPR cemas, termasuk salah satunya Anggota DPR dari Faksi PKB Jazilul Fawaid.

Dia mengaku resah dengan maraknya gerakan-gerakan Islam Radikal yang selalu menyuarakan berdirinya negara Islam belakangan ini.

Kekhawatiran itu diuangkapkan Jazil di hadapan ratusan warga Nahdlatul Ulama (NU) dalam acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kantor DPC PKB Gresik, Kamis (9/4/2015).

Dalam kesempatan itu, dia mengajak kepada semua pihak agar ikut berperan serta dalam memperkuat Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

“NU harus peduli dengan NKRI, masyarakat NU  juga harus lebih aktif membela NKRI dari gerakan-gerakan yang berupaya mengganti Pancasila dengan ideologi lain”, kata jazil.

Menurut dia, NU merupakan salah satu pihak yang bertanggungjawab jika pandangan keislaman masyarakat Indonesia menjadi radikal, sebab selama ini NU selalu berada di tengah masyarakat.

Upaya memperkuat NKRI dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa negara  dengan ideologi Pancasila tidak bertentangan dengan Islam.

“Islam tidak pernah mewajibkan kepada umatnya untuk menganut sistem negara tertentu, boleh demokrasi, boleh kerajaan, dan boleh juga presidensial” terangnya.

Karena itu, Negara Pancasila dikatakan tidak bertentangn dengan agama Islam, sehingga tidak ada satu alasan yang dibenarkan menurut agama Islam mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Jazil juga mengajak kepada semua kalangan untuk tetap waspada, sebab meski belum terlalu mengkhawatirkan, gerakan radikal terus bergerak. Dia nmenganalogikan gerakan itu seperti  gergaji besi, meski kecil tapi bisa mematahkan besi yang lebih besar.

“Meskipun kecil, kalau bergerak terus, lama-lama akan mematahkan yang besar,” pungkasnya. [AS]