PN Gresik Eksekusi Lahan Milik PT SODC di Manyar

0
3,108 views
PN Gresik eksekusi lahan milik PT SODC di Manyar, Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Pengadilan Negeri (PN) Gresik melakukan eksekusi lahan milik PT Surya Oscar Deckers Cemerlang (SODC) yang terletak di Jalan Raya Manyar, Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Kamis (9/2/2017).

Eksekusi ini dilakukan karena pihak PT SODC memiliki hutang terhadap Bank Mega sebesar Rp 60 miliar dengan agunan lahan tersebut. Sementara lelang dimenangkan oleh PT Tebu Emas, yang juga sebagai pihak pemohon eksekusi lahan.

Menanggapi hal itu, kuasa hukum PT SODC Yusar Yunasir menilai, eksekusi yang dilakukan PN Gresik ilegal, sebab obyek eksekusi dalam gugatan di pengadilan. Bahkan dalam sidang keempat, pihaknya diperintahkan majelis hakim memasang banner obyek sedang berperkara.

“Ini perintah majelis hakim. Majelis hakim adalah perintah tertinggi. Tetapi pihak PN Gresik tetap menabrak dan tidak mengindahkan perintah hakim,” kata Yusar usai eksekusi di PT SODC, Kamis (9/2/2017).

Yusar menjelaskan, kedua obyek perkara nomor 78 tidak pernah disebutkan dalam eksekusi. Ketika pihaknya meminta PN Gresik menyebutkan obyek perkara nomor 78, malah diabaikan.

“Kami sudah memprotes juru sita, tetapi mereka mengabaikan. Dan sekarang kami mengambil langkah dengan meminta perlindungan kepada pengadilan tinggi dan Mahkamah Agung. Dan sekarang sedang meluncur kesini,” tandasnya.

Dia mengatakan, bahwa tidak semua eksekuai bisa dilaksanakan. Jika tetap dipaksakan nantinya akan berakibat sengketa hukum yang lain. “Kalau kita dinyatakan menang siapa yang bertanggungjawab. Padahal obyek sudah di eksekusi. Ini (eksekusi) tindakan ilegal. Mestinya masukkan perkara nomor 78, tetapi pihak PN tidak melakukannya. Kami juga minta perlindungan,” ucapnya.

Sementara itu, pihak panitera PN Gresik Bambang Budi Setiyawan mengatakan, eksekusi tetap dijalankan karena gugatan kuasa hukum PT SODC tidak bisa membatalkan eksekusi. “Gugatan tidak bisa membatalkan gugatan,” jelasnya. (wan)