Polisi Perketat Pengawasan Barang Bawaan Penumpang Kapal

0
368 views

BeritaGresik.com – Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Gresik memperketat jalur laut melalui pelabuhan dengan menggelar razia atau pemeriksaan pada setiap penumpang kapal di Pelabuhan Gresik.

“Beberapa hari kemarin kita sempat mengamankan kembang api milik para penumpang. Kemudian kami juga sempat mengamankan senjata tajam dalam razia yang kita lakukan,” kata Kapolsek KP3 Polres Gresik, AKP Suyatmi, Selasa (7/7).

Dia menjelaskan, langkah memperketat jalur laut untuk memastikan keamanan penumpang kapal dalam rangka pengamanan jalur mudik laut jelang Lebaran 2015. “Razia terhadap barang bawaan penumpang akan sering kami lakukan. Lebih-lebih saat menghadapi mudik hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Menurut AKP Suyatmi, sebagian besar penumpang kapal masih tidak paham dengan larangan membawa kembang api, sehingga tidak jarang Polres Gresik menemukan kembang api dan sejenisnya.

Keberadaan kembang api sangat sensitif , karena mengandung sesuatu yang panas. “Karena itu, semua penumpang dilarang membawa kembang api dan sejenisnya saat berada di dalam kapal. Kami akan cek semua barang bawaan penumpang kapal saat di pelabuhan Gresik satu per satu,” katanya.

Sementara khusus untuk pengamanan di kawasan Pelabuhan Gresik, Polsek KP3 Gresik sudah menempatkan Pos PAM arus mudik lebaran yang sudah berlangsung sejak H-14.

“Kami juga menempatkan sejumlah personel yang terdiri dari anggota Polsek KP3, petugas Kantor Syahbanda dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), serta Pelindo, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan,” imbuhnya. [ant/as]