AMP Extension page

Polisi Dalami Kasus Pemerasan ASN Inspektorat Pemkab Gresik

Ilistrasi

BeritaGresik.com – Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro menyatakan, pihaknya masih terus mendalami kasus dugaan pemerasan terhadap Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Gresik Agus Budiono.

“Sementara ini kami belum menetapkan sebagai tersangka, baru saksi. Hanya ada uang Rp144 juta yang kami amankan,” ungkap AKBP Wahyu, Kamis (6/9/2018).

Selain mendalami kasus tersebut, polisi juga bakal bakal melakukan gelar perkara dan mendatangkan ahli. Dengan begitu, penetapan terduga pelaku pemetasan tidak menyalahi prosedur.

“Sampai saat baru kami periksa seorang ASN Inspektorat yang diperiksa sebagai saksi,” ujar mantan Kapolres Bojonegoro itu.

Seperti diketahui, petugas kepolisian menangkap seorang aparatur sipil negara (ASN) Inspektorat Pemkab Gresik berinisial Wwn karena diduga memeras Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Gresik.

Tindak pemerasan itu diduga terjadi ketika pihak Inspektorat Pemkab Gresik mencium ada masalah pada proyek pembangunan Pasar Baru Gresik. Pada tahap pertama menghabiskan Rp5,8 miliar dan tahap kedua Rp7,3 miliar.

Bermula dari situ, seorang ASN dari Inspektorat berinisial Wwn mencoba mencari keuntungan dengan memanggil penanggung jawab proyek tersebut. Awalnya, Wwn meminta Rp250 juta untuk menghentikan pemeriksaan.

Setelah dinegosisasi beberapa kali, akhirnya disepakati uang pengganti Rp150 juta. Akhirnya seorang staf Disperindagkop dan UKM diutus untuk mengirimkan dana itu ke ruangan Wwn di lantai III Kantor Bupati Gresik.

Saat itulah empat anggota Unit Tipiter Satreskrim Polres Gresik yang sudah siaga di lokasi menangkap Wwn. Selain Wwn, ada juga ASN Disperindagkop UKM yang diperiksa sebagai saksi. (abr)

No Response