5.050 Polantas Polda Jatim Siap Amankan Mudik Lebaran

0
351 views

SURABAYA, BeritaGresik.com – Sebanyak 5.050 personel polisi lalu lintas (polantas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur siap mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2015 dengan sarana prasarana operasional yang lengkap.

“Ini pengecekan kesiapan sarana dan prasarana untuk pengamanan arus mudik Lebaran, tapi nantinya perlu rekayasa untuk titik-titik tertentu,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf di sela gelar sarana prasarana polantas di lapangan apel Mapolda Jatim, Senin (6/7).

Menurut dia, kondisi infrastruktur untuk mudik Lebaran 2015 sudah bagus, namun ada titik-titik rawan yang perlu antisipasi, baik rawan kemacetan, rawan kecelakaan lalu lintas, maupun rawan kriminalitas.

“Karena itu, kita akan menempatkan sniper untuk titik-titik rawan kriminalitas, tapi saya tidak perlu menyebutkan lokasinya, yang penting sudah kita lakukan antisipasi dan kegiatan ini juga lebih bersifat kemanusiaan,” ujarnya.

Untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2015, ia mengatakan pihaknya akan mengerahkan 12 ribu personel dalam operasi bersandi “Ketupat Semeru 2015” pada H-10 hingga H+14 Lebaran 2015, termasuk polantas di dalamnya.

“Kita juga mendirikan 280 pos pelayanan untuk membantu masyarakat agar bisa mudik dengan lancar, nyaman, dan aman,” katanya, didampingi Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Verdianto IB.

Dalam pengamanan Lebaran 2015 itu, personel polantas dilengkapi dengan jas hujan, borgol, senter lalu lintas, manset, masker, alat komunikasi, dan peralatan perorangan yang sudah didistribusikan kepada anggota lalu lintas se-Jatim. [ant/as]