Wartawan Gadungan Target Anggota DPRD Gresik

0
557 views

BeritaGresik.com – Penipuan dengan modus mengaku wartawan Jawa Pos kembali terjadi pada Senin (6/7). Kali ini sasarannya adalah sejumlah anggota DPRD Gresik, antara lain Syaifu Fuad dari Fraksi Partai Demokrat beserta sejumlah anggota DPRD Gresik lainya.

Syaifu Fuad mengatakan, pelaku yang memperkenalkan diri bernama Andrea dari Jawa Pos menghubungi ponselnya. Awalnya, dia memberitahu kalau temannya bernama Gotri ang juga wartawan Jawa Pos sakit tumor. Ujung-ujungnya, pelaku minta bantuan dana untuk biaya pengobatan temannya.

Penipu mengaku wartawan

Lalu, si penipu mengirim nomor rekening melalui pesan singkat atau short message service (SMS). ”Sepengetahuan saya, tidak ada wartawan Radar yang bernama Gotri” kata Syaifu.

Setelah mendapat pesan singkat berpa nomor rekening, dia mengaku tidak mentransfer uang yang diminta. Karena tidak menuruti kemauan pelaku, dia lalu diumpat dengan kata-kata jorok. “Banyak teman lain anggota dewan yang juga menerima,” ucapnya.

Sementara itu, wartawan Jawa Pos Agresik menuturkan, kasus penipuan yang mencatut institusinya sering terjadi. Modusnya sama, pelaku meminta ditransfer bantuan dana pengobatan untuk temannya yang sakit. [wan]