Saham dan Cek Bernilai Miliaran Ditemukan Warga di Bawean

1
7,123 views
Modus penipuan
Modus penipuan

BeritaGresik.com – Beragam cara dilakukan para pelaku tindak kejahatan untuk mengelabui targetnya. Salah satunya yalni dengan menyebar dokumen penting bernilai miliaran rupiah di jalanan disertai nomor telpon.

Pola penipuan seperti itu baru-baru ini ditemukan di Pulau Bawean. Sebuah dokumen penting perusahan PT. Cahaya Mandiri Perkasa yang beralamat di Jalan Banteng Samarinda Kaltim ditemukan tercecer di jalan raya di kawasan Desa Sukalela, Kecamatan Tambak, Bawean.

Dokumen tersebut berupa surat saham senilai Rp 3,5 miliar dan cek senilai Rp 2,9 miliar serta surat kuasa untuk mengikuti lelang sebuah penjualan tanah.

Modus penipuan
Modus penipuan

Curiga dengan barang temuannya itu, Subat (28) warga Dusun Tambilung Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak langsung menyerahkannya kepada kepala Desa Sukaoneng, Abdul Hayyi.

Kepala desa mengaku curiga dengan surat-surat penting yang ditemukan warganya itu. Pasalnya, ditemukan banyak sekali kejanggalan, di antaranya nilai cek, lalu tertera nomor handphone pada lembaran surat saham.

“Sangat mencurigakan, pada surat saham, ada nomor hp seakan-akan memancing supaya kita menghubunginya,” terang Hayyi kepada beritagresik.com, Senin (6/6/2016).

Hayyi mengaku sempat menghubungi nomor handphone yang tertera dalam lembaran surat saham tersebut lantaran masih penasaran. Kemudian dirinya benar-benar bawah temuan dokumen penting itu hanyalah modus penipuan.

“Handphonennya langsung ditutup ketika saya ancam mau ngajak polisi, awalnya sempat mengiming-imingi saya uang seratus juta, dan minta nomor rekening saya juga,” pungkasnya. (abr)

  • JOEL

    HALO AKU DARI SOLO AKU JUGA MENEMUKAN CEK MILIARAN RUPIAH INI APAKAH INI PALSU?