Hadapi Hoax, Polri Bentuk Direktorat Cyber Crime

0
162 views
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Polri akan membentuk biro baru dan mengembangkan sub direktorat menjadi satu direktorat. Hal ini dalam rangka pengembangan organisasi dan menghadapi perkembangan teknologi yang terkadang menyebar informasi hoax.

Rencana pembentukan Direktorat Cyber Crime tersebut diungkapkan Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di kantornya, di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (6/1/2016).

Kombes Martinus menjelaskan, biro baru akan dibentuk di Divisi Humas Polri, yakni Biro Multimedia. Sementara, subdit yang dikembangkan adalah Subdit Cyber Crime yang sebelumnya di Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Subdit tersebut, terangnya, akan dikembangkan menjadi satu direktorat tersendiri bernama Direktorat Cyber Crime. Pihaknua bahkan mengajukan hal itu ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokasi (RB).

Ini dalam rangka mengembangkan organisasi dalam menghadapi perkembangan media online dan media sosial yang sangat pesat,” jelasnya.

Keberadaan Direktorat Cyber Crime di Bareskrim Polri nantinya akan melakukan upaya-upaya penegakan hukum terkait pelanggaran Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

“Ini dilakukan dalam upaya mengrangi, mengantisipasi, mencegah berita hoax, perang urat saraf, penyebaran kebencian yang berdasarkan SARA,” ujarnya. (zr)