Polres Gresik Siap Layani Warga Lewat ‘Go Sigap’

0
1,024 views
Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan saat mempresentasikan Go Sigap di depan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Lest)
Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan saat mempresentasikan aplikasi Go Sigap di depan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Lest)

BeritaGresik.com – Kepolisian Republik Indonesia terus melakukan inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada warga. Melalui aplikasi Go Sigap, warga kini dapat melapor saat terjadi bahaya atau masalah secara online.

Inovasi pelayanan publik yang dibangun sejumlah Polres di Jawa Timur, termasuk Polres Gresik dinilai sebagai solusi dalam upaya memenuhi harapan masyarakat. Langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di kepolisian.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang ditunjukkan 7 Polres di wilayah Polda Jatim. Dia juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian agar melakukan inovasi pelayanan publik.

“Karena memang salah satu perintah dari Bapak Presiden kepada saya pada saat menjabat adalah, meningkatkan layanan publik kepolisian, terutama yang berbasis IT,” ungkap Jenderal Tito, Sabtu (3/9/2016).

Ia berharap layanan publik berbasis IT memperluas akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari kepolisian. Tito mencontohkan bantuan terhadapat masyarakat dalam keadaan darurat.

Aplikasi ‘Go Sigap’ Polres Gresik ini dapat mengakses daerah macet, berita megenai seluruh Indonesia, pelaporan masyarakat secara online, serta jangkauan masyarakat kepada polisi saat terjadi situasi bahaya atau masalah.

Aplikasi Go Sigap ini sudah bisa di download oleh masing-masing individu di Play Store, baik melalui aplikasi android maupun sistem operasi apple.

Berikut inu inovasi yang dimiliki Polres di wilayah Polda Jawa Timur:

1. SKCK Online dan SKCK Keliling Online (Polres Sidoarjo).

2. Go SIGAP, pelayanan publik terintegrasi berbasis IT (Polres Gresik).

3. We Are Ready (WAR), kentongan online berbasis android (Polres Jember).

4. Panic Button On Hand, aplikasi pelaporan tindak kriminalitas berbasis android (Polres Malang).

5. Sistem Operasional Terpadu Online (SOTO Lamongan), (Polres Lamongan).

6. Crime Alarm System, aplikasi pelaporan berbasis android (Polres Bojonegoro).

7. Sistem Siaga Bumi Wali (SIGI), informasi pelayanan pengaduan berbasis android.

(lest/as)