Polres Gresik Tahan Pengoplos Elpiji 3 Kg

0
468 views

BeritaGresik.com – Aparat Kepolisian Resort Gresik menahan seorang tersangka berinisial JS. Warga Driyorejo itu melakukan pengoplosan isi elpiji 3 kilo ke elpiji 12 kilo.

“JS diamankan di rumahnya di Driyorejo pada Selasa (4/8) sekitar pukul 02.00 Wib,”  kata Kasat Reskrim Polres Gresik Iwan Hari Poerwanto melalui rilis yang diterima beritagresik.com pada Rabu (5/7).

Menurut Iwan, tersangka diduga mengoplos atau memindahkan isi gas tabung elpiji berukuran 3 kg ke elpiji 12 kg dengan menggunakan alat berupa dua regulator yang dihubungkan dengan selang gas.

Kemudian, tabung elpiji 3 kg terlebih dahulu dipanaskan menggunakan air panas dengan alat elemen panas yang diletakkan de bak rumah. “Selanjutnya elpiji 3 kg tersebut diangkat dari air panas,” terang Iwan.

Dengan melakukan pengoplosan atau memindahkan isi tabung elpiji 3 kg ke tabung elpiji 12 kg, tersangka mendapatkan keuntungan sekitar Rp 6.000 per tabungnya.

Dalam penangkapan ini, polisi mengamankan barang bukti 27 tabung elpiji 12 kg, 30 buah tabung elpiji kosong 12 kg, 29 tabung elpiji isi 3 kg, 130 buah tabung elpiji 3 kg kosong, satu buah frezer dan satu timbangan.

Polisi menjerat pelaku dengan pasal 55 UU Nomor 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara atau denda Rp 60 miliar. [as]