Dugaan Korupsi di Dispora Gresik Rugikan Negara Rp103 Juta

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Gresik saat ditahan Kejari Gresik terkait kasus dugaan korupsi dana olahraga. (Foto: Antara/ist)

BeritaGresik.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik resmi menahan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Gresik, berinisal J, Senin (3/11) kemarin. Ia ditetapkan sebagai tersangkan dan ditahan terkait kasus dugaan korupsi dana olahraga.

Penahanan mantan Kadispora Gresik itu dibenarkan Kepala Kejari Gresik, Pandoe Pramoekartika. Tersangka langsung ditahan di Rutan Medaeng, Sidoarjo, setelah menjalani pemeriksaan di Kejari.

“Memang benar, kami menetapkan seorang tersangka berinisial J dalam kasus dugaan penyelewengan dana kegiatan di Dinas Pemuda dan Olahraga,” kata Kepala Kejari Gresik, Pandoe.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan terhadap tersangka J pihaknya menemukan dua alat bukti terkait dugaan tindak pidana korupsi dana olahraga. Kasus korupsi tersebut diduga telah merugikan negara Rp103 juta.

Tersangka diduga telah memotong 5 persen untuk setiap anggaran kegiatan, seperti acara Gowes Pesona Nusantara, Car Free Day dan Paskibraka.

Dalam kasus ini, penyidik menemukan bukti adanya pemotongan anggaran yang diselewengkan untuk kepengan pribadi. Tindakan itu melanggar pasal 2, 3, 12e dan 12f Undang-undang Tipikor.

“Saat ini baru kami temukan masih satu tersangka,” ucapnya. (ant/abr)

No Response