Pesta Sabu, Zamroni Dituntut 10 Tahun Penjara

0
1,138 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.comĀ – Tersangka pengguna barang haram sabu, Mohamad Zamroni (31) dituntut hukuman kurungan penjara selama 10 tahun dalam sidang pembacaan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum, Selasa (2/8/2016).

Warga Jalan Pahlawan, Kelurahan Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik itu juga dituntut denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan tahanan. Tuntutan itu dibacakan JPU Kejari Gresik, Hery Wahyudhi, di hadapan majelis hakim Lia Herawati.

“Terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1)) UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Menuntut terdakwa dengan hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara. Dan barang bukti dimusnahkan,” kata JPU Hery.

Pertimbangan JPU Kejari menjatuhi hukuman berat karena terdakwa telah mengulangi perbuatannya. “Terdakwa baru saja keluar tiga bulan kemarin dan sudah melanggar hukum lagi,” ujarnya.

Sedangkan hal-hal yang meringankan terdakwa yaitu mengakui perbuatannya. Terdakwa bahkan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Barang bukti berupa sabu 4,50 gram, sabu 3,53 gram. ganja 3,36 gram. 2 buah kompor, sebuah pipet kaca, 7 buah skrop, sebuah bong, 2 buah korek api, dua lakban kecil, sebuah tabungan dan dua buah telepon seluler untuk dimusnahkan,” sebutnya.

Mendengar tuntutan tersebut, terdakwa Zamroni hanya diam dan kembali ke tahanan PN Gresik. Akhirnya sidang ditunda pekan depan dengan agenda sidang pemvelaan dari kuasa hukum Mohamad Zamroni. “Berat,” kata Zamroni dari dalam tahanan PN Gresik.

Diketahui, kejadian ini pada saat terdakwa Mohamad Zamroni sedang tinggal di kamar kos, Jl RA Kartini, Kecamatan Kebomas. Terdakwa ditangkap oleh anggota Satnarkoba Polres Gresik pada 4 Pebruari 2016 karena pesta sabu di dalam kamar kos. Sabu dan ganja tersebut didapatkan dari penjual di Madura.

Terdakwa mendapatkan barang terlarang tersebut dengan transaksi di terminal Osowilangun Surabaya. (wan)