Komplotan Spesialis Tembak Ban Dilumpuhkan Polres Gresik

0
1,006 views
Tiga kawanan spesialis tembak ban dilumpuhkan Satreskrim Polres Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Satreskrim Polres Gresik berhasil meringkus tiga komplotan perampok spesialis tembak ban asal Palembang yang beraksi di wilayah Gresik. Mereka kerap mengincar para nasabah bank.

Ketiga komplotan rampok itu di antaranya Husin R, Engel Bertus dan Abdulah. Ketiganya berasal dari Palembang, namun dua tersangka yakni Husin dan Engel Bertus memiliki KTP Surabaya.

Salah satu pelaku spesialis nasabah bank itu diketahui baru saja keluar dari penjara di Malang, namun sudah kembali beraksi di kawasan Gresik, sejak November 2016 lalu.

Polisi terpaksa menembak kaki dua orang pelaku saat hendak beraksi di salah satu bank swasta yang ada di Jalan Dr Soetomo Gresik. Mereka melawan polisi dengan senjata tajam saat hendak ditangkap.

Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan mengatakan, komplotan itu menamakan dirinya grup Palembang dengan ketuanya Husen warga Palembang tapi berdomisili di Mulyorejo Baru Babat Jerawat, Pakal, Surabaya.

“Dari lima pelaku, baru tiga yang kami tangkap. Sisanya, dua pelaku menjadi DPO polisi,” katanya, Minggu (1/01/2017).

Sebelumnya, komplotan ini menjalankan aksinya di Jl Raya Permata Perum Bunder Asri, Kebomas, pada 8 Desember 2016 lalu. Saat itu, mereka berhasil menggasak uang milik korban inisial N sebanyak Rp 50 juta.

“Komplotan ini bekerja dalam satu tim. Ada yang bertugas mengawasi korban, memasang jebakan, dan eksekutor. Sasaran mereka kebanyakan nasabah bank,” terang AKBP Adex Yudiawan.

Selain mengamankan ketiga pelaku, polisi juga menyita uang tunai senilai Rp 4 juta. Barang bukti lainnya berupa satu unit sepeda motor Yamaha Vixion dan satu unit sepeda motor Yamaha Mio, yang digunakan saat menjalankan aksinya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (amn)