Warga Diponggo Bawean Berharap Dibangunkan Tower Seluler

0
770 views

Warga Diponggo-Bawean-Berharap-Dibangunkan-Tower-BTS

BeritaGresik.com – Kepala Desa Diponggo, Kec. Tambak Bawean, Gresik, Salim, mengaku kesulitan mendapatkan jaringan komunikasi seluler dan internet. Pihaknya berharap menara Base Transceiver Station (BTS) segera berdiri di sana.

Gara-gara hal itu pihaknya merasa berada di daerah terisolir. Padahal, tingkat kebutuhan warga di desanya terhadap sarana komonikasi diakui sangat tinggi, mengingat sebagian besar masyarakat di desanya bekerja di luar Pulau Bawean.

“Warga Diponggo banyak bekerja di luar Bawean, ada yang di Jakarta bahkan banyak yang di luar negeri,” Tutur Salim kepada BeritaGresik.com di Pulau Bawean, Sabtu (31/10/2015).

Kondisi ini membuat dirinya selalu ketinggalan berbagai informasi baik yang bersifat kedinasan maupun informasi-informasi lainnya. Khusus untuk jaringan internet, pihaknya merasa sangat ketinggalan dari desa-desa lainnya yang ada di Bawean.

Desa Diponggo termasuk salah satu desa di Pulau Bawean yang hingga kini belum bisa menikmati jaringan telepon seluler dan internet. “Saat ini fasilitas internet di kantor balai desa merupakan kebutuhan yang sangat fital dan mendesak,” ucapnya.

Karena itu, Salim berharap segera dibangunkan menara BTS di desanya, agar bisa memperoleh informasi dengan cepat. “Harapan saya bagaimana supaya warga Diponggo dapat menikmati sarana telekomonikasi seperti warga di desa yang lain,” ujarnya.

Kepala Telkom Bawean Selo Martono mengakui masih ada sekitar 13 desa yang belum terlayani jaringan internet speedy dari total 30 desa yang ada di Bawean. Pihaknya dikatakan siap melayani jika ada permintaan dari pihak kantor balai desa.

“Kalau total seluruh Bawean kan ada 30 desa, sekitar 13 desa yang belum terlayani, kalau memang diperlukan”, jelas Selo Martono.

Selo menambahkan, khusus Desa Diponggo kemungkinan hanya bisa dilayani dengan speed 512 kb karena posisinya jauh dari central di Desa Kepuh Teluk. “Untuk desa Diponggo nanti kita survei, kemungkinan untuk speed 512 masih mampu,” imbuhnya. [abr]