Miris, Mayoritas Pernikahan Dini di Gresik Karena Hamil Duluan

0
1,455 views
Ilustrasi pesta pernikahan
Ilustrasi pesta pernikahan

BeritaGresik.com – Pengadilan Agama Kabupaten Gresik mencatat sebagian besar pemohon surat┬ápernikahan dini atau di bawah umur yang diajukan di wilayah Gresik akibat hamil duluan.

“Rata-rata, ketika kami tanya kenapa mengajukan surat permohonan izin nikah di bawah umur, mereka menjawab karena hamil duluan,” kata Pimpinan Penitera Muda Pengadilan Agama Gresik, Istiqomi di Gresik, Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, kasus pernikahan di bawah umur di Kabupayen Gresik banyak terjadi di wilayah pedesaan. Sementara pergaulan di luar nikah yang memicu terjadinya pernikahan dini dilakukan saat ditinggal orang tuanya ke sawah.

Berdasarkan catatan Pengadilan Agama Gresik selama Januari hingga Juli 2016, terdapat 13 pemohon yang telah mengajukan surat pernikahan di bawah umur. Lalu, terbanyak diajukan pada Juni 2016 dengan sembilan pemohon.

“Untuk Agustus 2016 belum bisa kami data karena prosesnya masih berlangsung di Pengadilan Agama,” ujarnya.

Selain akibat hamil duluan, menurut Istiqomi alasan berikutnya yang membuat seorang mengajukan surat permohonan pernikahan dini atau nikah di bawah umur adalah dijodohkan oleh orang tuanya sendiri.

“Jumlahnya yang dinikahkan karena perjodohan itu tidak sebanyak yang hamil duluan, meski tetap saja ada,” jelasnya.

Pengamat Sosial Kabupaten Gresik Krisaji mengatakan, pernikahan dini karena hamil duluan terjadi akibat pergaulan bebas yang tidak hanya terjadi di perkotaan, tapi justru di desa.

“Ini juga akibat adanya jaringan sosial melalui gawai, sebab media sosial kini tidak hanya menjadi tren di perkotaan namun juga di desa yang rata-rata sudah punya gawai,” tandasnya.

Karena itu, ia mengimbau agar masalah terssbut disikapi secara bijak oleh orang tua dengan melakukan pengawasan kepada anaknya, meski sedang beraktivitas di luar rumah. (ant/as)