Badara Bawean Diperkirakan Beroperasi Awal 2016

0
622 views

BeritaGresik.com – Rencana dimulainya operasi penerbangan perintis dengan rute Bawean-Surabaya diperkirakan baru akan terealisasi pada 2016. Hal itu dikemukakan Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswono, Senin (31/8).

“Penerbangan perintis melalui Bandara Bawean, Gresik, dengan rute Bawean – Surabaya itu sudah diusulkan secara resmi sejak beberapa waktu lalu ke Kementerian Perhubungan,” kata Wahyu.

Secara administrasi, terang Wahyu, Satuan Penyelenggara Bandara Bawean berada di bawah naungan Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep.

“Kalau usulan itu disetujui, maka rute Bawean-Surabaya akan menjadi salah satu program di Kementerian Perhubungan tahun 2016. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, sehingga penerbangan perintis Bawean-Surabaya benar-benar bisa direalisasikan awal 2016,” terangnya.

Bandara Bawean telah memperoleh register dari Kementerian Perhubungan sejak pertengahan Juli 2015. Terbitnya register tersebut menandakan bahwa Bandara Bawean sudah siap beroperasi atau bisa digunakan untuk aktivitas penerbangan.

“Tapi untuk sementara, pesawat yang bisa memanfaatkan Bandara Bawean adalah pesawat berbadan kecil dengan kapasitas angkut antara 20-22 penumpang,” ujarnya.

Menurut Wahyu, selain mengusulkan Bandara Bawean dimanfaatkan sebagai jalur penerbangan perintis, pihaknya juga tengah berusaha melakukan komunikasi dengan dua maskapai untuk kepentingan penerbangan komersial.

“Maskapai itu punya pesawat kecil dengan dua mesin. Saat ini dua maskapai yang kami jajaki itu masih melakukan survei potensi calon penumpang. Kalau hasil surveinya menguntungkan, bisa saja aktivitas penerbangan komersial di Bandara Bawean terealisasi lebih awal dibanding perintis,” pungkasnya. [zr/ant]