Nusron Wahid Luncurkan Program Edukasi Keuangan Calon TKI

0
279 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) meluncurkan program edukasi dan literasi keuangan bagi para calon Tenaga Kerja Indonesia serta keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Nunukan, Kalimantan Timur Rabu 01 April 2015.

Sementara itu Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid di kantornya, kemarin menyatakan Program itu akan dilaksanakan di 45 kota di seluruh Indonesia. Nunukan, Kalimantan Timur, menjadi kota pertama yang melaksanakan program tersebut,

“Para peserta yang mengikuti program edukasi dan literasi keuangan ini, kelak dapat juga menjadi pengajar, secara formal maupun informal. Dengan cara ini diharapkan bakal lebih cepat dan lebih banyak orang yang memahami masalah keuangan dan perbankan,” ujarnya.

Menurut Nusron Wahid, program edukasi dan literasi keuangan ini merupakan hasil kerjasama BNP2TKI dengan Bank Indonesia, OJK dan Bank Dunia. Dikatakan, OJK juga turut turun ke lapangan dengan mengadakan program serupa di 25 kota di kantong-kantong TKI.

“Sehingga secara keseluruhan program ini akan dilaksanakan di 70 kota di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Diikuti 50 Calon TKI

Rencananya, kegiatan edukasi yang digelar di Nunukan bakal diikuti 50 calon TKI serta keluarganya dan berlangsung mulai dari 1-2 April 2015.

Para pengajar program tersebut akan berasal dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) serta staf perbankan seperti dari BNI.

Materi edukasi meliputi seluk beluk produk-produk keuangan dan perbankan, seperti tabungan, pengelolaan keuangan, mengirim serta menerima kiriman, pengelolaan pinjaman dan asuransi

“Setelah memahami, para calon TKI serta keluarganya diharapkan akan memiliki akses kepada sektor keuangan dan pengelolaan keuangan yang produktif,” ujar Samita Farausi, pejabat pada seksi pemberdayaan BNP2TKI. [] Alf