76.000 Surat Suara Sudah Terdistribusi ke Pulau Bawean

0
408 views

Sosialisasi Pilkada Gresik di Lapas 1

BeritaGresik.com – Sebanyak 76 ribu surat suara untuk Pilkada Gresik sudah terdistribusi ke Pulau Bawean. KPU Gresik memprioritaskan wilayah kepulauan untuk mengantisipasi terjadinya gelombang tinggi atau cuaca buruk di Laut Jawa.

Hal itu dikemukakan Komisioner Komisi KPU Kabupaten Gresik, Elvita Yuliaty, akhir pekan lalu. Menurut dia proses pendistribusian surat suara ke Pulau Bawean dilakukan menggunakan kapal Gili Iyang dari pelabuhan Gresik.

“Pengiriman surat suara ke Pulau Bawean telah dilakukan kamrin, Jumat (27/11) malam, dan sudah terdistribusikan ke wilayah itu,” kata Elvita di Kabupaten Gresik, Minggu (29/11/2015).

Lebib lanjut Elvita menjelaskan, distribusi surat suara ke Pulau Bawean dilakukan dengan pengawalan ketat yang melibatkan sejumlah personil dari kepolisian resor Kabupaten Gresik.

Jumlah surat suara yang didistribusikan ke Pulau Bawean dikatakan telah disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua kecamatan pulau tersebut, yakni Sangkapura dan Tambak.

Untuk data surat suara di Kecamatan Sangkapura mencapai 49.075 ribu, kemudian di Kecamatan Tambak mencapai 25.522 ribu ditambah 2,5 persen. Sehingga totalnya sekitar 76 ribusurat suara.

Sementara jumlah pemilih secara keseluruhan di Kabupaten Gresik pada pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung 9 Desember 2015 tercatat sesuai dengan DPT mencapai 921.440 orang. [zr]