Atraksi Silat Meriahkan HUT ke-18 Perguruan Tongkat Putih

0
827 views
Hiburan rakyat dan pegelaran antar perguruan silat di Sidorukun, Manyar, Gresik. (Foto: BG/Wan)
Hiburan rakyat dan pegelaran antar perguruan silat di Sidorukun, Manyar, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Berbagai hiburan rakyat dan pegelaran antar perguruan silat turut memeriahkan hari jadi atau HUT ke-18 Perguruan Silat Tongkat Putih di Sidorukun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Sabtu (29/10/2016).

Publik Relation Pagelaran Pecak Silat Manyar, Nurul Huda menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari hari jadi Perguruan Silat Tongkat Putih ke-18 dan Hari Santri Nasional (HSN).

Selain menampilkan atraksi pencak silat dari Perguruan Silat Tongkat Putih di bawah binaan Mashudi Jakfar hiburan rakyat ini juga turut dimeriahkan oleh penampilan dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di wilayah Gresik.

Perguruan silat itu meliputi Buaya Putih, Rajawali Sakti, Tunas Putih, Lingkaran Berduri, Dali Kumbang, Naga Ulung Sakti, Salam Salim, Gajah Putih, Cikaret Panca Setia dan perguruan silat lainnya.

Menurut Huda, palegaran pencak silat bukan sekadar hiburan semata, tapi juga sebagai bagian upaya melestrikan tradisi kesenian pencak silat yang sudah mengakar di kalangan warga Manyar.

Sementara itu, Pembina Perguruan Silat Tongkat Putih Mashudi Jakfar menyampaika ucapan terima kasih kepada KH Azhar Shoheh, Muspika Manyar, serta undangan yang hadir.

Hari jadi Perguruan Silat Tongkat Putih dan peringatan HSN ini juga dihibur oleh atraksi kesenian seperti Jaranan Kepang, Macanan dan Monyet. (wan)