Robot Karya Pelajar Gresik Juara 1 Olimpiade

0
744 views
Siswa SD Muhammadiyah GKB Gresik mendemonstrasikan Robot Sumo yang meraih juara 1 Olimpiade Islamic School di NTB. (Foto: Istimewa)
Siswa SD Muhammadiyah GKB Gresik mendemonstrasikan Robot Sumo yang meraih juara 1 Olimpiade Islamic School di NTB. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Putra dan putri asal Gresik seperti tidak pernah berhenti menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun kancah internasional. Kali ini prestasi gemilang ditorehkan dua siswa kelas 6 SD Muhammadiyah Gresik.

Keduanya adalah Khoirudin Fadli dan Ahmad Fajrul Falakh. Dua siswa didikan sekolah SD di Jalan Amuntai Gresik Kota Baru, Manyar, itu sukses meraih juara 1 Olimpiade Islamic School Robot tingkat Nasional di NTB 16-19 Agustus 2016 lalu.

Robot karya Khoirudin dan Fajrul diberi nama Sumo Robotik. Nama itu diambil dari nama gulat Sumo di Jepang. Mesin robot seberat 1 kg itu sangat lincah dan memiliki daya dorong yang kuat karena dibuat dari rangkaian mesin Canon Ball.

“Karena keseimbangan rangkaian, robot kita bisa tampil lincah, sehingga bisa mengalahkan robot lainnya saat berada di lintasan,” terang Khoiridin, Selasa (30/09/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu penilaian dalam olimpiade robot di NTB adalah teknik mengendalikan robot menggunakan joy stick. Kedepan, mereka berencana mengembangkan kendali otomatis menggunakan sensor.

“Dalam lomba kontes robot tersebut, tim kita mengikuti kontes robot pada kategori Canon Ball Shooter Robot dan Submarine,” kata pembina program ektrakurikuler robot SD Muhammadiyah GKB Gresik, Shofan Hariyanto.

Dalam kompetisi robot tingkat nasional di NTB, 36 siswa dari SD Muhammadiyah GKB Gresik bersaing dengan peserta lain dari seluruh Indonesia. Mereka berhasil membawa pulang delapan piala. (zr)