Pesawat Hercules Jatuh, Pemerintah Akan Perbarui Alutsista

0
545 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan jika pemerintah akan memperbarui alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara bertahap. Hal itu disampaikan JK menjawab pertanyaan mengenai upaya pemerintah melakukan evaluasi setelah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6).

“Rencananya, pemerintah memperbarui alutsista kita secara bertahap. Kalau pesawat angkut, baru beli pesawat (tipe) CN,” kata JK di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa.

JK mengakui jika pesawat Hercules yang jatuh tersebut sudah tergolong pesawat tua. Usia burung besi yang digunakan TNI AU tersebut sudah mencapai 50 tahun. “Memang ini pesawat tua, sudah 50 tahun, tetapi ini mau di-retrofit. Semua memang kita punya 20 Hercules,” ujarnya.

Menurut dia, tentara Indonesia baru mulai membeli pesawat pada 1950-an. Pada 1960-an, masuklah pesawat Hercules. “Waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf tahun 1960-an itu awal-awal Hercules,” terang JK.

Sementara terkait asuransi untuk anggota TNI yang menjadi korban kecelakaan pesawat ini, JK menyatakan bahwa tidak ada asuransi bagi pesawat militer. Namun, pemerintah menyampaikan belasungkawa atas kejadian ini. Menurut laporan terakhir yang JK terima, puluhan prajurit TNI jadi korban kecelakaan tersebut. [as]