DPRD Gresik Minta Disnaker Awasi Pemberian THR

0
284 views

BeritaGresik.com – Anggota DPRD Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Mujid Ridwan, menekankan agar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mulai melakukan pengawasan terhadap perusahaan terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawainya.

“Sebaiknya Disnaker jangan hanya menunggu adanya laporan di Posko Pengaduan THR, tapi langsung terjun ke lapangan, bila perlu bentuk tim kerja untuk mendata kesiapan perusahaan dalam rangka pembayaran THR kepada karyawannya,” kata Mujid di Gresik, Selasa (30/6).

Menurut Mujid, langkah pengawasan diperlukan agar pemberian THR bisa realisasikan tepat waktu, sehingga bisa segera dirasakan buruh untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Jadi pada H-7 para karyawan harus sudah mendapatkan THR dari perusahaan masing-masing tempatnya bekerja,” tegas Mujid yang juga menjabat wakil ketua komisi D DPRD Gresik.

Dia mengingatkan bahwa kewajiban membayar THR bagi perusahaan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 04 tahun 1994.  “Oleh karena itu diharapkan semua perusahaan taat pada aturan itu, dan jangan menghalang-halangi hak karyawan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Disnaker Gresik, Mulyanto mengaku telah mengirimkan surat edaran ke seluruh perusahaan di wilayah itu agar pemberian THR maksimal dilakukan H-7 sebelum lebaran.

Surat edaran itu sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 4 tahun 1994 dan SE (Surat Edaran) Gubernur Jatim yang dikeluarkan pada 28 April lalu, serta telah ditandatangani langsung Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. [ant/as]