Bapeda Larang Alih Fungsi Lahan Pertanian ke Sektor Industri

0
637 views

BeritaGresik.com – Seiring dengan banyaknya pertumbuha  Industri dan Perumahan di kawasan Gresik, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gresik melarang pengalihfungsian lahan produktif menjadi lahan industri maupun perumahan.

Kepala Kabupaten Gresik, Husni Syarwanto mengatakan, penetapan lahan seluas 24 ribu hektar sebagai lahan tetap produktif di kawasan Gresik telah diketok. Karena itu, tidak boleh ada lagi pengalihfungsian lahan pertanian menjadi lahan industri.

“Kami tidak mengizinkan pihak manapun untuk mengalihfungsikan lahan produktif menjadi lahan industri ataupun perumahan. Jika tetap terjadi, maka kami akan tindak tegas”,  kata Husni kepada BeritaGresik.com di Gresik, Selasa (30/6).

Menurut dia, larangan tersebut diberlakukan menyusul terus berkembangnya industrialisasi di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kondisi itu dikawatirkan akan mengancam lahan pertanian produktif di Gresik dan menyusut karena beralih fungsi menjadi kawasan industri maupun pemukiman.

“Kami telah mengetok Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gresik terkait penetapan lahan pertanian produktif seluas 24 ribu hektar yang masing-masing tersebar di lima kecamatan di Wilayah Kabupaten Gresik. Wilayah Gresik sendiri adalah daerah lumbung padi dan membantu ketahanan pangan di Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Jika masih terjadi pengalihfungsian, Pemerintah Kabupaten Gresik tidak akan segan untuk menindak tegas pihak-pihak yang terkait dengan hal itu. [wan/abr].