Harun Thohir Permudah Kunjungan Wisata ke Bawean

0
726 views
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat memberikan peresmian Bandara Harun Thohir Bawean, Gresik, Sabtu (30/1/2016). (Foto: BG/Wan)
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat memberikan sabutan peresmian Bandara Harun Thohir Bawean, Gresik, Sabtu (30/1/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com –┬áKementrian Perhubungan hari ini, Sabtu (30/1/2016), meresmikan Bandara Harun Thohir Bawean. Hal ini diharapkan dapat memudahkan akses warga setempat dan para wisatawan berkunjung ke Bawean.

Peresmian Bandara Bawean dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Dengan beroperasinya Bandara Harun Thohir, masyarakat dapat memamfaatkan penerbangan printis rute Surabaya- Bawean (PP) yang dilayani oleh PT Airfast Indonesia.

Bandara Harun Thohir memiliki landasan pacu (ranway) sepanjang 930 meter dan mampu didarati pesawat jenis twin otter. Jarak tempuh perjalanan Surabaya-Bawean kurang lebih 55 menit. Jauh lebih cepat dibandingan dengan transportasi laut yang memakan waktu 6-8 jam.

Kedepan, Menteri Jonan berharap ada upaya penambahan lebar dan panjang landasan pacu (ranway) Bandara Harun Thohir Bawean. Dengan demikian, bandara Bawean nantinya bisa dilewati pesawat berykuran lebih besar dan mampu mengangkut penumpang lebih banyak.

“Pembangunan dan pengembangan bandara ini merupakan implementasi dari fokus kerja Kementrian Perhubungan untuk terus meningkatkan kapasitas sarana transportasi dan kualitas layanan transportasi terhadap masyarakat,” ujar Jonan.

Selain itu, pembangunan bandara juga dikatakan sebagai bentuk perwujudan Nawa Cita yang digagas oleh Prisiden RI Joko Widodo (Jokowi), agar selalu hadir melayani masyarakat di daerah terpencil yang masih belum berkembang. (wan)