Bentengi Kiai, Ansor Jatim Bentuk Tim Patroli Medsos

0
176 views
GP Ansor Jawa Timur membentuk Tim Reaksi Cepat Benteng NU untuk Medsos. (Foto: BG/Zr)
GP Ansor Jawa Timur membentuk Tim Reaksi Cepat Benteng NU untuk Medsos. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur membentuk Tim Reaksi Cepat Benteng NU. Tim yang melibatkan kader Ansor dan Banser ini bertugas melakukan patroli di media sosial (medsos).

Demikian diungkapkan Ketua PW GP Ansor Jatim, Rudi Tri Wachid di Surabaya, Selasa (29/11/2016). Menurut dia, Tim Reaksi Cepat ‘Benteng NU’ itu akan membentengi para ulama dari para penghina di medsos.

“Tim Reaksi Cepat ini akan membentengi para ulama dari para penghina yang kini cukup marak unggahan pesan bernada menghina kiai di media sosia,” kata Rudi seperti dilansir Antara Jatim.

Rudi menjelaskan, komposisi Tim Reaksi Cepat Benteng NU terdiri dari aktivis Ansor dan Barisan Serba Guna (Banser) yang punya keahlian di bidangnya masing-masing.

“Ada tim yang ahli di bidang IT (Cyber),” katanya di sela Konsolidasi NU se-Jatim di Sekretariat PWNU Jatim, Surabaya.

Tim IT bekerja untuk melacak pemilik akun media sosial yang mengunggah pesan berkonten hinaan kepada kiai. “Dipelajari dulu konten yang diunggah, dilacak pemilik akunnya siapa dan dimana alamat rumahnya,” ujarnya.

Setelah pemilik akun terlacak, selanjutnya yang bergerak dengan melibatkan tim yang ahli negosiasi. Tim ini akan mendatangi rumah dan menemui pemilik akun yang menghina itu untuk diminta klarifikasi.

“Setelah klarifikasi atau tabayun, kalau terbukti mengunggah status menghina, kemudian tim sarankan untuk meminta maaf kepada kiai yang dihina. Kalau perlu diajak untuk sowan ke kiai yang dihina,” jelasnya.

Jika tabayun dan negosiasi gagal, maka Ansor akan berkolaborasi dengan Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum NU untuk melaporkan pemilik akun yang menghina ke aparat berwenang. (ant/zr)