Anak-anak Jadikan Lokasi Banjir di Bungah Tempat Bermain

0
345 views
Sejumlah anak-anak asyik bermain saat luapan Bengawan Solo mengepung Bungah, Gresik. (Foto: BG/Wan)
Sejumlah anak-anak asyik bermain saat luapan Bengawan Solo mengepung Bungah, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Musim hujan telah tiba. Sejumlah wilayah di Kabupaten Gresik seperti Bungah tak luput dari luapan air sungai Begawan Solo. Dampaknya, beberapa rumah warga terendam banjir.

Bagi orang tua, banjir dipandang sebagai kejadian yang bararti bencana. Namun, anak-anak punya pemikiran berbeda soal banjir. Di mana ada hujan, di mana ada banjir, di sanalah anak-anak biasa bermain.

“Anak akan merasa senang, mereka bisa bermain air,” ujar Psikolog Anak Universitas Soegijapranata Semarang, Endang Widyorini kepada BeritaGresik.com, Selasa, (29/11/2016).

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Menurut dia, saat anak-anak bermain air ketika banjir, ada sensasi tersendiri yang mungkin sudah tidak lagi dimiliki oleh para orang tua. Sensasi itulah yang membuat anak tidak pernah terlihat capek ataupun lelah meski berlama-lama bermain di air.

Saat ditanya mengenai dampaknya bagi anak-anak, Endang tidak melihat adanya dampak negatif di sana. Biarkan saja anak-anak bermain dengan sesamanya.

“Yang bisa berdampak negatif bila banjir itu memisahkan dia dari keluarganya, misalnya dengan ibu, ayah, saudara, atau terhanyut oleh banjir, atau juga banjir membuatnya menderita,” ujar. (wan)