Menpan-RB Ancam Pecat PNS Tidak Netral

0
438 views
Menpan-RB Yuddy Chrisnandi (Foto: Istimewa)
Menpan-RB Yuddy Chrisnandi (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengingatkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) agar tetap menjaga netralitasnya dalam Pilkada serentak 2015.

Dia mengancam akan memecat atau memberhentikan secara tidak hormat PNS yang tidak netral. Yuddy bahkan mengaku sudah menyiapkan surat pemecatan jika terbukti ditemukan PNS bersikap tidak netral dalam Pilkada nanti.

“Jika terbukti bersalah maka sanksinya sudah bukan teguran atau adminitrasi saja, tapi pemberhentian dengan tidak hormat,” tegas Yuddy kepada wartawan di Surabaya, Minggu (29/11/2015).

Menurut dia, netralitas PNS dalam Pilkada merupakan harga mati yang tak bisa ditawar, sebab sebagai abdi Negara mereka tidak boleh berpihak terhadap satu kepentingan politik tertentu.

Sebagai wujud ketidakberpihakan, pihaknya tidak hanya akan memproses aduan terkait PNS tidak netral, tapi akan menindaklanjuti jika ada temuan dari berbagai bentuk dengan menerjunkan tim investigasi.

“Semisal ada di media sosial bahwa ada PNS tak netral maka pasti kami tindak lanjuti kebenaran tersebut. Jadi kami tak hanya menunggu laporan masuk,” ucapnya. [zr]