KPU Gresik Tetapkan Daftar Pemilih Tambahan

0
446 views
Kantor KPU Gresik (Foto: Abr)
Kantor KPU Gresik (Foto: Abr)

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik telah menetapkan daftar pemilih tetap tambahan-1 (DPTb-1). Penetapan pemilih tetap tambahan tersebut merupakan rangkaian tahapan Pilkada Gresik yang akan dihelat 9 Desember 2015.

Komisioner KPU Gresik Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data, Abdullah Sidiq Notonegoro mengatakan, adanya penetapan DPTb-1 praktis mengubah jumlah pemilih yang sudah yang ditetapkan sebelumnya 921.440 menjadi 922.415 pemilih.

“Penetapan DPTb-1 melalui rapat pleno dan juga dihadiri tim kampanye masing-masing pasangan calon. Panwaslih Gresik dengan dibacakan panitia pemilihan kecamatan, atau PPK di kantor KPU Gresik,” kata Sidiq Rabu (28/10/2015).

Berdasarkan data yang dimiliki KPU Gresik, pemilih tambahan terbesar terjadi di Kecamatan Panceng sebanyak 210 pemilih. Kemudian disusul Kecamatan Kebomas sebanyak 194 pemilih dan Kecamatan Bungah sebanyak 153 pemilih.

Pemilih tambahan tersebut merupakan masyarakat Kabupaten Gresik yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pilkada Gresik 2015. Namun, mereka belum masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Setelah kami lakukan penyisiran lagi masih ada yang tercecer dan sudah dimasukkan ke dalam DPTb-1,” terangnya.

Sidiq menambahkan, tidak semua pemilih dimasukkan ke dalam DPTb-1, karena yang bersangkutan harus memiliki indentitas kependudukan di desa atau kelurahan di Kabupaten Gresik. “Itu syarat mutlak yang sudah jadi ketentuan yang diatur dalam peraturan serta perundang-undangan berlaku,” tegasnya. [zr]