Pilkada Gresik: Posko Pemenangan Pasangan Calon Dibatasi

0
589 views

BeritaGresik.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Gresik membatasi jumlah posko pemenangan masing-masing calon bupati dan wakil bupati di wilayah itu. Aturan itu berlaku sesuai keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kami hanya menjalankan apa yang sudah diamanatkan Bawaslu, sebab pembahasan jumlah posko juga telah dilakukan secara musyawarah dengan tim pemenangan dan KPU Gresik,” kata Ketua Panwaslu Gresik, M Faizin, Senin (28/9).

Menurut dia, jumlah posko relawan di tiap kecamatan dibatasi maksimal tiga lokasi. Sementara di tingkat desa jumlahnya dibatasi hanya boleh di lima lokasi. “Untuk posko tim pemenangan resmi jumlahnya hanya satu untuk masing-masing tingkatan kabupaten, kecamatan dan desa,” terangnya.

Untuk jumlah relawan, Panwaslu mengatakan tidak melakukan pembatasan alias tidak terbatas. Namun keberadaan relawan tersebut harus terdaftar di KPU Gresik dan disertai dengan tembusan kepada Panwaslu.

“Sesuai kesepakatan, jumlah relawan tingkat kabupaten jumlahnya tidak terbatas tapi harus terdaftar, sebab hasil rapat memberikan kelonggaran terhadap jumlah tim atau relawan masing-masing pasangan calon,” tandasnya. [zr]