Anggaran Pilkada Jatim Capai Rp1,4 Triliun

0
424 views

BeritaGresik.com – Alokasi dana untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur yang dijadwalkan digelar 2018 mencapai Rp1,4 triliun. Jumlah itu membengkak dari sebelumnya hanya sebesar Rp1 triliun.

“Rencana awal biaya dialokasikan sebesar Rp1 triliun, namun berubah menjadi Rp1,4 triliun karena adanya biaya untuk beberapa sektor,” kata Wakil Ketua DPRD Jatim Tjutjuk Sunario di Surabaya, Senin (28/9).

Adanya penambahan anggaran pilkada sebesar Rp400 miliar, menurut Sunario, atas masukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur selaku pihak penyelenggara Pilkada mendatang.

“Biaya Pilkada sesuai aturan dibebankan ke pemerintah dan ini memang cukup memberatkan APBD. Apalagi kondisi ekonomi Indonesia sekarang sedang lesu,” kata legislator asal Partai Gerindra tersebut.

Pemprov dan DPRD diakui telah menyusun anggaran untuk Pilkada Jatim yang dimulai pada APBD tahun ini, yakni melalui APBD 2015 disisihkan sebesar Rp100 miliar dan Rp300 miliar di APBD 2016.

Demikian juga dengan APBD 2017 dan 2018 yang sama-sama disisihkan sebesar Rp300 miliar sehingga total dana Pilkada Jatim terkumpul Rp1 triliun.

Rencana itu berubah seiring adanya perubahan Undang-Undang tentang Pilkada, dimana KPU selaku penyelenggara memiliki kewajiban untuk menanggung biaya pengadaan alat peraga dan kampanye seluruh pasangan calon. [zr]