330 Desa di Gresik Bakal Terkoneksi Internet

0
2,557 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Sebanyak 330 desa yang ada di Kabupaten Gresik bakal segera terjangkau jaringan atau konekai internet. Bahkan, anggaran untuk itu sudah dialokasikan melalui dana desa.

Hal itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai menerima penghargaan Smart City Nusantara 2016 di bidang informasi dan telekomunikasi dari PT Telkom di Ruang Graita Eka Praja, Kantor Pemkab, Senin (29/8/2016).

Sambari menyatakan keinginannya ke depan RT/RW se Kabupaten Gresik bisa terkoneksi melalui internet. “Kami sudah mengalokasikan kebutuhan internet untuk 330 desa di Kabupaten Gresik melalui dana desa,” ujarnya.

Menurut dia, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, informatika dan komunikasi (TIK) di lingkungan Pemkab Gresik mengalami banyak perkembangan sejak 2011 silam.

“TIK ini banyak memberi kemudahan dalam tata kelola pemerintahan. Kami telah membangun jaringan fiber optic antar SKPD sepanjang 8 km. Jaringan untuk empat belas kecamatan, serta pembangunan hotspot di ruang publik,” jelasnya.

Pejabat PT Telkom Imam Muncar menyatakan, pemberian penghargaan ini sesuai program pemerintah pusat dalam pengembangan TIK guna mendukung e-Pemerintahan, e-Pendidikan, e-Kesehatan, e-bidang logistic dan e- Procurement.

Atas prestasi tersebut, PT Telkom memberikan 10 acces point gratis untuk ruang public, layanan pustaka digital, layanan U-data social media analitic dan layanan Q-baca. (as)