Ribuan Warga Malaysia Demo Tuntut PM Najib Mundur

0
347 views

KUALA LUMPUR, BeritaGresik.com – Ribuan orang berkumpul di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, Sabtu 29 Agustus 2015, untuk menggelar demonstrasi menuntut Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mundur dari jabatan. Kepopuleran PM Malaysia itu berada dalam titik terendah sejak dikaitkan dengan skandal dugaan korupsi badan usaha 1 Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Sebuah laporan yang dilansir Wall Street Journal (WSJ) menuduh PM Najib menerima uang senilai RM2,6 miliar atau sekira Rp9,3 triliun dari 1MDB yang tengah disorot karena mengalami kerugian. Tuduhan WSJ itu menimbulkan gejolak dalam perpolitikan Malaysia yang mengakibatkan reshuflle kabinet serta tuntutan PM Najib mundur.

Demonstran yang diperkirakan berjumlah lebih dari 5 ribu orang itu berkumpul dan meneriakkan slogan-slogan “bersih” yang merupakan nama gerakan prodemokrasi Malaysia. Kemudian mereka menyanyikan lagu kebangsaan serta membawa plakat yang berbunyi “Out, Najib, Out”. Mereka bergerak ke arah alun-alun kota dengan harapan protes ini dapat menimbulkan pergerakan yang memaksa PM Malaysia itu untuk lengser.

“Kami, warga Malaysia, ingin membersihkan negeri ini. Kami menolak politik yang kotor,” kata seorang demonstran bernama Tinagar Veranogan, sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (29/8/2015).

Aksi demonstrasi ini tidak mendapat izin dari otoritas Malaysia yang rajin melakukan penutupan atas gerakan-gerakan antipemerintah yang bermunculan. Awal bulan ini, 29 warga Malaysia ditangkap pihak keamanan karena menggelar protes serupa.

Meski keadaan memanas, para pengamat memperkirakan posisi PM Najib masih kuat dan tidak akan dilengserkan, setidaknya dalam waktu dekat. [Reuters/zr]